Friday, May 11, 2007

Richtigkeit

von Links: Pani, Chepy, Sa'ad und Tri : Bandung 1992

Awalnya gak ada rencana bikin 'Gank'. Wong pengennye cuma buat kelompok belajar. Maklum dari empat cowok ganteng di atas, cuma gw yang gak pernah dapat bahasa Jerman waktu di SMA. Meski gw jurusan A4 alias Bahasa, yang gw dapet Perancis ama Jepang. Jerman nggak sama sekali. Di kampus gw lah yang paling gak ngerti. Bayangin aje, Dosen cas cis cus dalam bahasa Hitler, sementara gw 'semenjek bujek' berani sumpah baru dapet saat itu. Jadi jangan banyak ngarep. Betul aje hasilnye standar, meski gak ada yang TL (Tidak Lulus).

Kalo mau dibilang bintang, ya Arpani-lah bintangnye. Tauk tuh orang pinter banget (Gw sumpahin tambah pinter lu Pan!). Dari mulai kenal, Pani dah bawa2 buku pelajaran bahasa Jerman. Padahal masih orientasi. Chepy ama Tri juga udah dapet pelajaran Jerman waktu masih 'putih abu-abu'. Tapi kependekarannya masih kalah ama Satria dari Pulau Bangka ini. Padahal Chepy (aslinye sih C*c*p) masih ada turunan Banten :). Mungkin Pani emang udah ditakdirin begitu. Abangnye juga, si Pawi, pakar dalam bahasa Perancis. Semua anak Perancis ngakuin dia 'le Professuer' di jurusannya.


Nah jadilah gw, Chepy, Tri ama sang Punggawa Pani sering ke Museum Gajah, Monas dan Museum Fatahillah untuk nyari Bule -bukan Bulik-. Seringnya jalan dan kesamaan tujuan lah yang akhirnya membuat kami jadi lebih lengket. Persahabatan ternyata gak cuma dalam hal belajar bahasa aja. Di luar kami sering jalan bareng. Bahkan pernah ngamen bareng, sayang gw waktu itu gak ikut, jadi gak bisa cerita banyak.

Dari situlah nama Richtigkeit mulai muncul. Pencetusnya Pani.

Lhokseumawe, Jum'at 11 Mei 2007
Sa'ad, ein von denen

0 comments: